BPP Gunung Sugih Imbau Petani Susun e-RDKK untuk Pupuk Bersubsidi

0
20

Merpatinews.com, (LAMPUNGTENGAH)– Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah (Lamteng) mengimbau kelompok petani untuk menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Elektronik (e-RDKK).

Penyusunan e-RDKK ini bertujuan untuk mendapatkan pupuk bersubdisi pada tahun 2022 mendatang yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Penyuluhan (Simluhtan).

Koordinator Penyuluh (Korluh) Kecamatan Gunung Sugih, Mulia mengatakan, bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan gerakan pembaruan data Simluhtan dan penyusunan e-RDKK 2021 yang akan ditutup pada Oktober 2021.

“Sistem e-RDKK tahun 2022 sudah terintegrasi dengan Simluhtan, untuk itu BPP dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sedang mengintensifkan sosialisasi dalam mengupdate data Simluhtan dan penyusunan e-RDKK tahun 2022. Kami berharap Gapoktan, kelompok tani, dan petani turut aktif dalam menyusun data kebutuhan pupuk tersebut,” tutur Mulia, Kamis (22/07/2021).

E-RDKK lanjut Mulia, disusun oleh kelompok tani sesuai dengan kebutuhan mereka yang diverifikasi berlapis hingga tingkat provinsi, didampingi oleh PPL.

Disamping itu kata dia, kelompok tani memiliki peran penting agar e-RDKK ini terjaga validitasnya untuk dapat mengajukan e-RDKK tahun 2022 syaratnya adalah petani wajib tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam Simluhtan dan melakukan usaha tani dengan luasan maksimal 2 haektar yang dibuktikan dengan surat kepemilikan lahan/sewa/garap.

Untuk memudahkan proses pendataan, tambah Mulia, BPP Gunung Sugih telah membuat google form untuk 15 kampung yang berisi data-data yang dibutuhkan. Data rersebut diantaranya NIK, Tempat Tanggal Lahir, nama ibu kandung, dan luas garapan.

“Petani dapat mendaftarkan datanya kepada pengurus kelompok dengan membawa KTP asli dan surat bukti kepemilikan/sewa/garap. Kemudian pengurus kelompok didampingi oleh penyuluh pertanian lapangan akan menginput data petani tersebut,” pungkas Mulia.(gs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here