Ciptakan Kampung Berkualitas Dalam Bidang Penanaman Obat Keluarga, Dinas PPKB Lamteng Gelar Sosialisasi di Kampung Depokrejo

0
4

Merpatinews.com (Lampung Tengah)- Sebagai upaya untuk menjadikan kampung berkualitas dalam bidang pengembangan tanaman obat keluarga (toga) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Lamteng menggelar soisalisasi kepada kader Keluarga Berencana (KB) Kampung Depokrejo, Lamteng. Selasa (14/9/2021).

Sosialisasi yang digelar di Balai Kampung Depokrejo, Kecamatan Trimurjo, Lamteng itu dihadiri langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) PPKB Lamteng Jumali. SP. MIP, Camat Trimurjo Wanda Rusli. S. Sos, Kapolsek Trimurjo Akp. Pancarudin, Koordinator Penyuluh (korluh) PLKB Trimurjo Chandra Gupta, Kakam Depokrejo Sukidi serta seluruh kader kampung setempat.

Pada kesempatan itu, Jumali mengungkapkan, bahwa kehadiranya ke Kampung Depokrejo bertujuan untuk memastikan bahwa program kampung berkualitas sudah benar-benar berjalan.
“Karena dari 14 kampung dan kelurahan yang ada di kecamatan ini hanya satu kampung yakni Kampung Depokrejo ini yang di percayai oleh bapak Bupati untuk menjadi percontohan dalam rangka mendirikan kampung yang berkualitas,” kata Jumali.

Maka dari itu, lanjut Jumali, pihaknya berharap kedepan, melalui kader-kader Kb yang ada di 13 kampung yang lainnya dapat melaksanakan pengembangan tanaman obat keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah dimasing-masing. Selain itu, tanaman obat keluarga ini nantinya bisa menjadi media dalam mencegah serta mengobati masyarakat yang terindikasi terpapar virus covid-19 dengan meningkatkan imunitas serta kekebalan tubuh melalui tanaman obat keluarga tersebut.

k

“Sebab begini, untuk vaksin saat ini kita masih digratiskan oleh pemerintah, dan kita tidak tahu pandemi covid-19 ini kapan akan berahir, bisa jadi nanti sebagai pengganti didalam meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan menggunakan tanaman-tanaman obat keluarga ini. Dan saya berharap kedepan semua masyarakat Trimurjo ini dapat meningkatkan imunitas tubuh dari tanaman mereka sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Trimurjo Wanda Rusli mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lamteng Musa Ahmad melalui Dinas PPkB yang telah memilih Kampung Depokrejo sebagai kampung berkualitas menuju masyarakat sehat.
“Dan kedepan saya berharap masyarakat dapat mengobati dirinya sendiri dengan obat tanaman keluarga yang di tanam disekitar rumah masing-masing,” ujarnya

Ditempat yang sama juga, Kakam Depokrejo Sukidi mengungkapkan, bahwa dirinya siap untuk melakukan pembinaan kepada seluruh kader Kb yang ada. “Kami selaku aparatur kampung tentunya siap untuk melakukan pembinaan-pembinaan, apalagi saat ini kader KB merupakan bagian dari KWT jadi nanti akan kami kolaborasikan antara kegiatan KB dan KWT yang selama ini sudah berjalan. Dan saya berharap kampung ini bisa menjadi contoh bagi kampung yang lain khususnya di Kecamatan Trimurjo,” pungkasnya.

Diahir kegiatan, Kadis PPKB Lamteng didampingi Camat Trimurjo, Kakam Depokrejo Sukidi, Kapolsek Trimurjo Akp. Pancarudin serta Korluh PLKB Kecamatan Trimurjo Chandra Gupta secara simbolis menyerahkan bantuan tanaman obat keluarga berupa jahe merah kepada kader KB kampung setempat.(gs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here